Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah Latin dan Arab


Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah Latin dan Arab - Adzan adalah salah ibadah untuk mengingatkan bahwa waktu sholat sudah masuk. Suara adzan biasa kita dengar 5 kali sehari semalam mengikuti jadwal sholat wajib. Adakalnya adzan dilakukan dengan pengeras suara, tetapi tidak jarang juga hanya dengan pengeras suara untuk dalam lingkungan masjid saja.

Ketika adzan dikumandangkan oleh muadzin, disunnahkan kita mendengarkan dengan baik yang berarti dengan menghentikan aktivitas yang saat itu sedang berlangsung. Misalnya kita sedang rapat, sangat dianjurkan kita menghentikan rapat sebentar untuk mendengarkan adzan. Nah, setelah adzan selesai, jika dimungkinkan, sangat dianjurkan segera pergi ke musholla atau masjid untuk sholat duhulu. 

Saat mendengarkan adzan tadi, kita disunnahkan mengikuti (mengulang) lafadz adzan pada setiap kalimat yang diucapkan muadzin.Pada saat muadzin mengucpakan kalimat, hayya 'alashholat dan hayya 'alalfalah, kita balas dengan kalimat la haula wala quwwata illa billah.  Adapun lafadz adzan  di bawah ini:



Untuk adzan subuh ada tambahan kalimat " Assholatu khoirum minan naum" yang artinya sholat lebih baik daripada tidur. Untuk kalimat ini, kita disunnahkan dengan mengucapkan " Shadaqta wa bararta wa ana 'ala dzalika minasy syahidin" yang artinya "Benarlah engkau dan baguslah ucapanmu dan saya termasuk orang-orang yang menyaksikan kebenaran itu".

Bagi muadzin, setelah melantunkan adzan disunnahkan membaca doa setelah adzan

Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah Latin dan Arab



Allahumma rabba hadhihidd’watit tammah. Washholatil qoimah. Ati sayyidina muhammadini wasilata wal fadhilata wab’atshu maqommakhmudaniladzi wa’ad-tahu innaka la tukhliful mi’ad

Artinya:


Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna dan shalat yang ditegakkan ini, berikanlah dengan limpah karuniaMu kepada Nabi Muhammad kedudukan dan keutamaan (paling tinggi) dan limpahkanlah kepadanya tempat yang terpuji yang telah engkau janjikan.


Posting Komentar untuk "Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah Latin dan Arab"