Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Dhuha dan Artinya


Doa dhuha dan artinya - Sholat dhuka adalah sholat sunnah yang dikerjakan tidak beriringan dengan sholat wajib. Hukum sholat dhuka adalah sunnah sehingga snagat dianjurkan untuk dilaksanakan. Kaifiyat atau tata cara sholat dhuka sama seperti sholat yang lain, yang membedakan adalah waktunya yang khusus dan bacaan doa yang khusus juga. Rakaat sholat dhuka adalah 2 rokaat sekali salam, dan dapat dilakukan maksimal 12 rokaat ( enam kali salam).
Adapun bacaan dalam sholat dhuha sama seperti bacanaan pada sholat lainnnya. Kalau boleh diurutkan sebagai berikut:



  1. Niat, boleh dilafadzkan atau tidak. Jika dilafadzkan seperti ini. “Usholli sholatan dhuhai rok’ataini sunnata lillahi ta’ala" yang artinya Aku sengaja sholat Dhuha dua rakaat sunnah karena Allah.
  2. Takbiratul ikhrom
  3. Membaca doa pembuka atau doa ifitiah.
  4. Membaca surat Alfatihah
  5. Membaca surat dari al quran. Tidak ada keharusan membaca surat tertentu. Namun sebaiknya pilih surat yang agak panjang mengingat, sholat ini adalah sholat permohonan khusus yang dilakukan sendirian sehingga perlu diperbanyak kebaikannya.
  6. Rukuk, membaca doa dalam rukuk
  7. Bangun dari rukuk dan membaca doa bangun dari rukuk
  8. Sujud, dan membaca doa sujud. Ada baiknya agar dibuat lama saat sujud dan menyampaikan permohonan yang tulus kepada Allah ( dalam hati)
  9. Bangun dari sujud dan membaca doa antara dua sujud
  10. Sujud lagi seperti nomor 8
  11. Berdiri untuk rakaat kedua ( mengulang bacaan mulai dari nomor 4)
  12. Setelah sujud kedua pada rakaat, duduk tahiyat dan membaca bacaan saat tahiyat.
  13. Salam
  14. Ada baiknya membaca kalimat-kalimat toyyibah, istighfar dan sebagainya baru membaca doa sholat dhuka yang khusus itu.

Doa sholat dhuha dan artinya

Allahumma inna dhuha a dhuhauka, wal baha a bahauka, wal jamala jamaluka , wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudratuka, wal ‘ismata ‘ismatuka. Allahumma inkana rizqi fissmaai- fa anzilhu. Wa in kana filardzi fa akhrijhu, wa in kana mu’siran fa yassirhu, wa in kana haroman  fathohhirhu, wa in kana ba’idzan fa qorribhu, bi haqqi dhuahaika, wa bahaika, wa jalamalika, wa quwwatika, wa qudrotika, aatini ma ataita ‘ibadakasholihin”

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih."

Posting Komentar untuk "Doa Dhuha dan Artinya"