Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DOA QUNUT DAN ARTINYA

Doa Qunut ada dua, pertama doa qunut subuh yang dibaca ketika sholat subuh dan doa qunut nazilah yang dibaca di luar sholat subuh atau di sholat subuh. Qunut nazilah ini dibaca ketika meminta perlindungan dari mara bahaya. Qunut nazilah biasanya dibaca ketika ada bencana besar yang terjadi pada kaum muslimin, entah bencana maupun mengalami penindasan.

Doa qunut subuh dibaca pada rakaat kedua sholat subuh setelah 'itidal ( bangun dari ruku'). Jika dibaca oleh imam, maka pada setelah kalimat sari kalimat kesatu sampai dengan kalimat kelima makmum membaca " Amin",. Pada kalimat keenam dan seterusnya, biasanya imam dan makmum membaca masing-masing secara lirih.

Lafadz doa qunut subuh


Allahummahdini fiman hadait. Wa 'afini fiman 'afait. Wa tawallani fiman tawallait. Wa barikli fima a'thoit.Wa qini syarra ma qodhoit. Fainnaka taqdhi wala yuqdho 'alaik. Wa innahu la yudhillu man walait. Wa la ya'izzuman 'a dait. Tabarokta rabbana wa ta'alait. Flakalkhamdu 'ala ma qodhoit. Astaghfiruka wa atubu ilaki. Wa sholla Allahu 'ala syaidina mukhammadin wa 'ala alihi wa shokhbihi wa sallam.

Artinya: Ya Allah berikan aku petunjuk sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berikanlah aku kesehatan sebagaimana mereka yang telah Engkau beri kesehatan. Perihalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau pelihara. Berikan keberkahan bagiku apa-apa yang telah Engkau karuniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tetapkan. Maka sesunguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan yang kena hukum. Maka tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulai orang Engkau musuhi. Maha suci dan maha tinggi Engkau ya Tuhan kami.Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan.Kumohon ampun dari Engkau segala pujian di atas Maha Tinggi Engkau. Kumohon ampunan dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya

Posting Komentar untuk "DOA QUNUT DAN ARTINYA"